Jumat, 16 Juni 2017

Active Teaching, Explicit Instruction, dan Mastery Teaching.


Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction)  dengan mengemukakan tiga istilah, yaitu: Active Teaching, Explicit Instruction, dan Mastery Teaching. 


Ada beberapa istilah yang digunakan untuk menggambarkan model pembelajaran langsung (Direct Instruction) yaitu Active Teaching Model (Good et al., 1983), Explicit Instruction (Roshensine & Stephens, 1986), Mastery Teaching Model (Hunter, 1982).
Active Teaching (pengajaran aktif), dengan tokohnya Good dan Grows (1983) yang melaksanakan program Missouri Matheematics Effectiveness Study, dimana dalam studi ini 40 orang guru di bagi menjadi 2 kelompok. Salah satu kelompok mendapatkan latihan active teaching sementara yang lain kelompok lainnya terus mengajar seperti sebelumnya. Studi ini menemukan bahwa siswa dari kelompok pertama mendapatkan skor lebih tinggi dalam tes prestasi dan muridnya lebih aktif dikelas, di bandingkan siswa murid kelompok kedua. Disebut pembelajaran aktif karena dalam model ini siswa diharapkan dan dituntut untuk aktif dalam pembelajaran terutama pada fase latihan terbimbing dan latihan mandiri. Kemampuan siswa dalam fase ini menentukan keberhasilan hasil belajar siswa.
Istilah model pembelajaran langsung yang lain adalah  Mastery teaching. Mastery teaching yaitu strategi pembelajaran yang menekankan kepada proses penyampaian materi secara verbal dari seorang guru kepada siswa dengan maksud agar siswa dapat menguasai materi pelajaran secara optimal.  Model ini merupakan  bentuk dari pendekatan pembelajaran yang berorientasi kepada guru (teacher centered approach). Dikatakan demikian, sebab guru memegang peran yang sangat dominan. Melalui model ini guru menyampaikan materi pembelajaran secara struktur dengan harapan materi pelajaran yang di sampaikan itu dapat dikuasai siswa dengan baik. (Http://abdulgofuroke.blogspot.co.id/2016/04/model-pembelajaran-langsung-direction.html?m= diakses tanggal 23 Juli 2016).
Adapun model pembelajaran langsung yang disebut juga dengan Explicit Instruction menurut Arend dalam Trianto (2010:41) adalah merupakan salah satu pendekatan mengajar yang dirancang khusus untuk menunjang proses belajar siswa yang berkaitan dengan pengetahuan procedural yang terstruktur dengan baik yang dapat diajarkan dengan pola kegiatan yang bertahap, selangkah demi selangkah. Explicit Instruction  merupakan suatu model dimana kegiatan terfokus pada aktifitas-aktifitas akademik sehingga didalam implementasi kegiatan pembelajaran, guru melakukan control yang ketat terhadap kemajuan siswa, pendayagunaan waktu, serta iklim kelas yang dikontrol secara ketat pula. (Aunnurrahman, 2009:169).
Explicit Instruction menurut Kardi (dalam Uno dan Nurdin, 2011:118) dapat berbentuk “ceramah,  demonstrasi, pelatihan atau praktik, dan kerja kelompok ”Explicit Instruction” digunakan untuk menyampaikan pelajaran yang ditransformasikan langsung oleh guru kepada siswa. Dalam model ini kejelasan intruksi guru kepada siswa sangat menentukan keberhasilan pembelajaran. Begitu pula keseriusan siswa dalam mendemonstrasikan materi turut andil mempengaruhi.
Ada beberapa ciri-ciri model Explicit Intruction  (pengajaran langsung), yaitu sebagai berikut.
a.       Adanya tujuan pembelajaran dan pengaruh model pada siswa termasuk prosedur penilaian belajar.
b.      Sintaks atau pola keseluruhan dan alur kegiatan pembelajaran dan
c.       Sistem pengelolaan dan lingkungan belajar model yang diperlukan agar kegiatan pembelajaran tertentu dapat berlangsung dengan berhasil. (Uno, dkk, 2012:117)

Sedangkan tujuan utama dari penggunaan model tersebut, yaitu untuk memaksimalkan penggunaan waktu belajar siswa, sedangkan dampak pengajarannya adalah tercapainya ketuntasan muatan akademik dan keterampilan, meningkatnya motivasi belajar siswa serta meningkatkan kemampuan siswa. (Weil dan Calhoun, dalam Anurrahman, 2009:169).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aku ; Yang Terlewatkan

  Tidak Mungkin dan Tidak Pernah Aku selalu melihatmu,Tapi kamu tidak. Aku selalu menatapmu,Tapi kamu tidak. Aku akan selalu ada untukm...